Tindakan Sosial : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Tindakan Sosial Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Tindakan Sosial – Apa yang dimaksud dengan tindakan sosial? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian tindakan sosial menurut para ahli, macam macam bentuk tindakan sosial dan contohnya secara lengkap.

Pengertian Tindakan Sosial

Pengertian tindakan sosial (social action) adalah perilaku yang dilakukan oleh individu dengan pertimbangan interpretatif atas situasi, intraksi, dan hubungan sosial dikaitkan dengan preferensi nilai, kepercayaan, minat, emosi, kekasaan, otoritas, kultur, kesepakatan, ide, kebiasaan, atau lainnya yang dimiliki oleh individu.

Definisi tindakan sosial adalah perbuatan atau perilaku manusia untuk mencapai tujuan subjektif dirinya. Tindakan yang dilakukan atau diarahkan ke benda mati atau yang tidak memiliki keterkaitan dengan orang lain itu bukan tindakan sosial.

Baca Juga : Kemalasan Sosial

Secara umum, pengertian tindakan sosial adalah perbuatan manusia yang dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu dan tujuan tertentu yang dikenal/diperolehnya melalui proses belajar.

Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli

Max Waber

Pengertian tindakan sosial menurut Max Waber adalah tindakan individu sepanjang tindakan itu memiliki makna bagi dirinya sendiri dan diarahkan untuk mendapatkan tanggapan dari orang lain.

Emile Durkheim

Pengertian tindakan sosial menurut Emile Durkheim adalah perilaku manusia yang diarahkan oleh norma-norma dan tipe solidaritas kelompok tempat ia hidup.

Karl Marx

Pengertian tindakan sosial menurut Karl Marx adalah aktvitas manusia yang berusaha menghasilkan barang, atau mencoba sesuatu yang unik untuk mengejar tujuan tertentu .Tidak semua tindakan manusia dapat dianggap sebagai tindakan sosial.

Wikipedia

Pengertian tindakan sosial menurut Wikipedia adalah suatu tindakan yang memiliki makna yaitu ketika individu yang berinteraksi dengan individu lain dan hasilnya individu tersebut dapat mempengaruhi perilaku individu lainnya.

Ciri Ciri Tindakan Sosial

Berikut ini ciri-ciri atau karakteristik tindakan sosial diantaranya yaitu

  • Tindakan bermakna subjektif.
  • Tindakan nyata yang memiliki sifat membatin dan sifat subjektif.
  • Tindakan yang berpengaruh positif.
  • Tindakan diarahkan kepada orang lain.
  • Tindakan yang dilakukan merupakan respons terhadap tindakan orang lain.

Baca Juga : Interaksi Sosial

Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Secara umum, tindakan sosial dibedakan menjadi 4 jenis. Berikut jenis tindakan sosial dan contohnya:

Tindakan Sosial Rasional

Pengertian tindakan sosial yang bersifat rasional adalah tindakan sosial yang dilakukan dengan pertimbangan dan pilihan secara sadar atau masuk akal. Maksudnya, tindakan sosial ini sudah dipertimbangkan tujuan secara masak-masak dan cara yang akan digunakan untuk tujuan tersebut.

Berikut beberapa contoh tindakan sosial rasional dalam kehidupan sehari-hari:

  • Setelah lulus SMK, Nita memutuskan bekerja daripada melanjutkan kuliah. Alasannya karena Nita ingin segera dapat membantu orang tuanya dan membantu membiayai sekolah adik-adiknya. Setelah mengambil keputusan bekerja, maka Nita membuat lamaran kerja ke perusahaan yang membuka lowongan kerja sesuai kualifikasi pendidikan yang dimilikinya.
  • Sebagai pelatih futsal di SMA Permata, Pak Budi mengatur taktik permainan agar anak didiknya dapat memenangkan babak final kejuaraan futsal antar SMA se Provinsi Lampung
  • Untuk membantu pemahaman mengenai pelajaran yang tidak dapat dimengerti di sekolah, Nina bergabung dengan lembaga bimbingan belajar terkemuka yang ada di kotanya.

Baca Juga : Kecerdasan Sosial

Tindakan Sosial Irrasional

Pengertian tindakan sosial yang bersifat irrasional adalah tindakan sosial yang berorientasi pada sebuah sistem nilai tertentu. Tindakan sosial ini memperhitungkan manfaat tanpa terlalu mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai. Tindakan sosial irrasional mementingkan kesesuaian tindakan dengan nilai-nilai dasar yang berlaku dalam masyarakat.

Berikut beberapa contoh tindakan sosial irrasional dalam kehidupan sehari-hari:

  • Tidak pernah mempersoalkan mengapa kita harus makan dan minum dengan tangan kanan. Tindakan tersebut kita lakukan karena pandangan masyarakat yang menekankan jika makan dan minum menggunakan tangan kanan lebih sopan daripada menggunakan tangan kiri.
  • Menolong orang yang kecelakaan.
  • Memberi persembahan pada jin penunggu tempat yang dikeramatkan.

Tindakan Sosial Tradisional

Pengertian tindakan sosial yang bersifat tradisional adalah tindakan sosial yang menggunakan pertimbangan tradisi yang telah baku sehingga tidak mempertimbangkan proses sosial dan tujuannya.

Berikut beberapa contoh tindakan sosial tradisional dalam kehidupan sehari-hari:

  • Upacara-upacara adat yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan mengikuti kebiasaan yang telah turun-temurun.
  • Mencium tangan dan mengucapkan salam kepada orang tua saat akan pergi dari rumah.

Tindakan Sosial Afektif

Pengertian tindakan sosial afektif adalah tindakan sosial yang sebagian besar tindakannya dikuasai perasaan (afektif) atau emosi, tanpa melakukan pertimbangan yang matang. Karena itu tindakan sosial ini dapat digolongkan sebagai tindakan yang irasional.

Baca Juga : Realitas Sosial

Salah satu contoh tindakan sosial afektif antara lain seorang wanita menangis begitu mendengar cerita sedih dari temannya. Tindakan tersebut merupakan ungkapan langsung tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan alasan tujuannya.

Sedangkan, menurut Max Weber (George Ritzer, 1992) tindakan sosial dibagi menjadi 4 (empat) kate, diantaranya yaitu:

Zwerk Rational (Rasiorinalitas Instrumental)

Ibu Guru Nurhayati membeli sepeda motor agar ia dapat sampai di sekolah lebih awal. Fauzi memutuskan untuk belajar materi fisika yang akan diujikan besok dari pada menonton sepak bola di televisi.

Kedua bentuk tindakan sosial diatas termasuk Zwerk Rational. Tindakan tersebut dilakukan setelah melalui pertimbangan matang mengenai tujuan dan cara yang akan ditempuh untuk meraih tujuan itu. Jadi, Zwerk Rational dilekatkan pada tindakan yang diarahkan secara rasional untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Werk Rational (Rasionalitas Nilai)

Tindakan sosial jenis ini hampir serupa dengan tindakan rasionalitas instrumental. Hanya saja dalam werk rational tindakan sosial ditentukan oleh pertimbangan atas dasar keyakinan individu pada nilai-nilai estetis, etis, dan keagamaan. Contohnya, seorang pemuda memberikan tempat duduknya kepada seorang nenek karena ia memiliki keyakinan etis bahwa anak muda harus hormat kepada orang tua. Atau, seorang pertapa rela berpuasa hingga beberapa hari untuk mendapatkan berkah sesuai dengan keyakinan agamanya (kepercayaannya).

Baca Juga : Konflik Sosial

Affectual Action (Tindakan yang Dipengaruhi Emosi)

Tindakan sosial ini dipengaruhi oleh emosi atau perasaan. Misalnya, hubungan kasih sayang seorang kakak kepada adik atau hubungan cinta kasih dua remaja yang sedang di mabuk asmara.

Traditional Action (Tindakan karena Kebiasaan)

Tindakan sosial ini dilakukan semata-mata mengikuti tradisi atau kebiasaan yang sudah baku. Seorang bertindak karena sudah menjadi bagian kebiasaannya atau sudah rutin dilakukan. Misalnya, tradisi mudik saat lebaran atau hari raya idul fitri. Orang tetap memaksakan diri untuk pulang kampung meski harus bersusah payah untuk mewujudkannya. Contoh lainnya berupa peringatan hari kelahiran, mitoni, atau kegiatan upacara yang telah dilakukan sejak nenek moyang dahulu.

Demikian pembahasan tentang pengertian tindakan sosial, ciri, jenis dan contoh tindakan sosial lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya,

Content Protection by DMCA.com