Pembangunan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Indikator dan Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Posted on

Pengertian Pembangunan Ekonomi – Apa yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi (economic development)? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian pembangunan ekonomi, tujuan, sifat, komponen, indikator, faktor yang mempengaruhi, dampak dan hambatan pembangunan ekonomi secara lengkap.

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan mempertimbangkan pertambahan penduduk yang disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Pembangunan di bidang ekonomi adalah suatu proses ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perkapita penduduk atau masyarakat di sebuah negara dalam jangka panjang yang disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara. Economic development ini akan memberikan perubahan pada masyarakat, baik dari sisi teknologi, pola pikir masyarakat, maupun kelembagaan.

Tujuan pembangunan ekonomi adalah memperbaiki kondisi diluar aspek ekonomi seperti perbaikan lembaga pemerintah, perbaikan sikap, dan memperkecil usaha pemisah ke tingkat aktivitas ekonomi yang lebih tinggi. Contoh pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia diantaranya adanya pembangunan pabrik besar dan pembangkit listrik dan juga Indonesia menjalin kerjasama ekonomi dengan negara lain.

Pembangunan ekonomi sendiri tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Pembangunan ekonomi mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi dan begitu sebaliknya. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan suatu pembangunan ekonomi. Tapi apa perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi?

Baca Juga : Ekonomi Kreatif

Pertumbuhan ekonomi tingkat keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif artinya adanya kenaikan standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya dari pertambahan produksi, tapi juga dari perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input di berbagai sektor perekonomian.

Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli

Sadono Sukirno (1996: 33)

Pengertian pembangunan ekonomi menurut Sadono Sukirno adalah usaha meningkatkan pendapatan perkapita dengan cara mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil melalui penanaman modal, penggunaan teknologi, penambahan pengetahuan, peningkatan ketrampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen.

Adam Smith dalam Suryana (2000:55)

Pengertian pembangunan ekonomi menurut Adam Smith adalah proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi.

Irawan (2002:5)

Pengertian pembangunan ekonomi menurut Irawan adalah usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup suatu bangsa yang seringkali diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil perkapita.

Prof. Meier dalam Adisasmita (2005:205)

Pengertian pembangunan ekonomi menurut Prof. Meier adalah proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam suatu jangka waktu yang panjang.

Schumpeter dalam Suryana (2000:5)

Pengertian pembangunan ekonomi menurut Schumpeter, pembangunan ekonomi bukan merupakan proses yang harmonis atau gradual, namun perubahan yang spontan dan tidak terputus. Pembangunan ekonomi disebabkan oleh perubahan terutama dalam lapangan industri dan perdagangan. Pembangunan ekonomi berkaitan dengan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional.

Prof. Simon Kuznets dalam Jhingan (2000:57)

Pengertian pembangunan ekonomi menurut Prof. Simon Kuznets adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya.

Baca Juga : Ekonomi Manajerial

Boediono (1999:8)

Pengertian pembangunan ekonomi menurut Boediono adalah proses kenaikan output dalam jangka panjang. Pengertian ini mencakup tiga aspek yakni proses, output perkapita dan jangka panjang.

Michael Todaro

Pengertian pembangunan ekonomi menurut Michael Todaro adalah sebuah proses dimensional yang melibatkan berbagai perubahan besar di dalam struktur sosial, sikap-sikap mental,yang terbiasa dan juga lembaga nasional termasuk pula akselerasi atau percepatan pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi memiliki beberapa tujuan untuk mencapai kesejahteraan terhadap pendapatan perkapitanya, tujuan tersebut diantaranya yaitu:

  • Untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan pemerataan pendapatan.
  • Meningkatkan kesempatan kerja dengan menambah bidang-bidang kerja yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.
  • Memperbaiki mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
  • Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap budaya nilai luhur termasuk sosial, agama dan kultur agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya lain yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dalam suatu negara.
  • Menghindari kemungkinan inflasi.

Sifat Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi memiliki beberapa sifat, diantaranya yaitu:

Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses

Ini berarti bahwa pembangunan ekonomi berlangsung secara terus-menerus bukan mendadak atau sementara. Pembangunan ekonomi dilaksanakan melalui perencanaan dan tahapan yang matang dan terperinci, Setiap tahapan tersebut akan menargetkan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan. Contoh pembangunan ekonomi yang terjadi pada masa orde baru yang disebut REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun).

Baca Juga : Ekonomi Makro

Upaya dalam meningkatkan pendapatan per kapita

Dengan adanya peningkatan pendapatan per kapita berarti secara umum kesejahteraan masyarakat pun ikut meningkat.Sebuah pembangunan ekonomi akan terjadi jika terdapat kenaikan pendapatan perkapita penduduk karena pendapatan per kapita digunakan untuk mengukur tingkat kesejahteraan suatu negara.

Peningkatan pendapatan per kapita berlangsung dalam jangka waktu yang lama

Meningkatnya pendapatan diharapkan bisa terjadi dalam jangka lama, sehingga kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat dan sudah sangat siap saat terjadi penurunan pendapatan.

Kenaikan pendapatan per kapita diikuti dengan terjadinya perubahan teknologi dan atau kelembagaan

Dengan ini berarti pembangunan ekonomi tidak cukup hanya diukur dari pendapatan per kapita, tapi juga kenaikan tersebut harus dibarengi dengan terjadinya perubahan teknologi yang memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Unsur Pembangunan Ekonomi

Adapun unsur unsur pembangunan ekonomi diantaranya yaitu:

  • Pembangunan sebagai suatu proses. Ini berarti bahwa pembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani setiap masyarakat atau bangsa.
  • Pembangunan sebagai perubahan sosial. Masyarakat sebagai pelaku dalam perubahan sosial dimana secara langsung atau tidak langsung perubahan sosial akan berdampak pada kelancaran pembangunan bahkan menghambat pembangunan.
  • Pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita. Sebagai usaha, pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita.
  • Peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung dalam jangka panjang. Suatu perekonomian bisa dinyatakan dalam keadaan berkembang jika pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal tersebut tidak berarti bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus menerus.

Baca Juga : Ekonomi Mikro

Indikator Pembangunan Ekonomi

Ada beberapa indikator yang harus dipenuhi sebagai tolak ukur pembangunan ekonomi suatu negara sebagai gambaran bahwa negara tersebut sedang melalui proses pembangunan ekonomi. Indikator tersebut mencakup indikator ekonomi dan sosial.

Indikator ekonomi meliputi laju pertumbuhan ekonomi sebagai proses adanya kenaikan output perkapita dalam kurun waktu lama serta adanya peningkatan produk nasional bruto perkapita.

Sedangkan indikator sosialnya meliputi indeks dari pembangunan sumber daya manusianya (harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak) dan indeks mutu hidup (angka kematian dan harapan hidup pada usia satu tahun).

Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, diantaranya yaitu:

Sumber Daya Alam (SDA)

Dengan adanya sumber daya alam yang melimpah, suatu negara bisa mencapai pembangunan ekonomi dengan tingkat yang lebih baik.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia merupakan faktor kunci dari pembangunan ekonomi dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas, maka proses pengorganisasian untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi bisa terwujud.

Sumber Daya Modal

Dengan banyaknya modal yang tersedia, maka akan terjadi pertumbuhan kegiatan ekonomi.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dengan adanya kemajuan iptek, maka manusia dapat mengelola sumber daya alam yang tersedia dengan benar maka dengan mudah untuk mencapai tujuan dari pembangunan ekonomi itu sendiri.

Infrastruktur

Dengan adanya infrastruktur yang baik, maka pelaku ekonomi akan lebih mudah menjalankan kegiatan ekonomi. Dengan kemudahan tersebut, maka proses pembangunan ekonomi akan berjalan dengan baik.

Baca Juga : Pelaku Ekonomi

Keadaan Politik

Jika keadaan politik suatu negara tidak stabil maka akan semakin sulit modal yang masuk ke negara tersebut dan dengan adanya kesulitan modal, maka kegiatan produksi tidak akan berkembang.

Dampak Pembangunan Ekonomi

Dampak positif pembangunan ekonomi diantaranya:

  • Pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
  • Memungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan masyarakat, sehingga akan mengurangi pengangguran.
  • Memperbaiki tingkat pendapatan nasional karena terciptanya lapangan pekerjaan secara langsung oleh pembangunan ekonomi.
  • Memungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan menjadi semakin beragam dan juga dinamis.
  • Memungkinkan perkembangan IPTEK yang pesat karena pembangunan ekonomi menuntut adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dampak negatif pembangunan ekonomi, diantaranya yaitu:

  • Mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup apabila pembangunan ekonomi tidak terencana dengan baik.
  • Dengan adanya Industrialisasi akan mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian.
  • Hilangnya habitat alam baik alam hayati atau hewani
  • Terjadinya pencemaran air, udara, dan tanah akibat ketidakdisiplinannya manusia.

Hambatan dalam Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi bisa mengalami hambatan-hambatan pada prosesnya. Hambatan-hambatan yang bisa terjadi dalam pembangunan ekonomi diantaranya yaitu:

  • Dualisme ekonomi. Hal ini bisa menyebabkan terjadi kesenjangan industri yang hanya berorientasi di perkotaan saja.
  • Masih adanya kebudayaan yang tidak bersifat ekonomis seperti adat yang tidak mendukung penggunaan SDM secara penuh untuk meningkatkan taraf hidupnya seperti adanya status sosial penduduk, kebiasaan yang turun temurun dan hambatan filosofis.
  • Masih banyaknya pengangguran karena tingginya tingkat kelahiran.
  • Pendapatan tidak terdistribusi merata.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi

Demikian pembahasan tentang pengertian pembangunan ekonomi, tujuan, sifat, komponen, indikator, faktor yang mempengaruhi, dampak dan hambatan pembangunan ekonomi secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangna lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com