Billboard : Pengertian, Ciri, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan serta Contoh Billboard

Posted on

Pengertian Billboard (Reklame) – Apa yang dimaksud dengan billboad? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian billboard menurut para ahli, ciri, fungsi, kelebihan dan kekurangan billboard secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Storyboard

Pengertian Billboard

Pengertian billboard adalah salah satu jenis reklame yang umumnya dipasang di daerah yang biasanya dilewati oleh banyak orang. Arti dari billboard yaitu papan iklan berukuran besar berisi tulisan ataupun gambar berupa iklan, promosi produk maupun pengumuman untuk publik.

Billboard atau papan reklame merupakan salah satu media luar ruang yang memiliki tujuan menyampaikan pesan mengenai suatu produk atau jasa bahkan individu-individu yang ingin mendongkrak popularitas.

Umumnya informasi yang dicantumkan pada billboard berisi slogan ataupun ilustrasi yang menarik masyarakat untuk membacanya, sehingga semua orang tahu apa yang ingin disampaikan iklan pada reklame tersebut.

Papan iklan billboard merupakan jenis iklan luar ruangan yang paling banyak digunakan sebagai media promosi produk maupun sebagai media pengumuman dari pemerintah. Kini billboard terdapat beberapa jenis billboard yaitu digital billboard dan mobile billboard atau iklan berjalan yang biasanya di pasang pada kendaraan-kendaraan. Kini juga ada digital mobille billboard yang merupakan paduan antara digital billboard dan mobile billboard, billboard jenis ini memiliki gambar yang bergerak dan bisa berjalan.

Di Indonesia, Billboard disebut dengan reklame yang dibuat dari logam, kayu, kain, fiberglass, kaca, plastik dan lain sebagainya yang dipasang den berdiri sendiri. Ada pula reklame yang ditempel pada bangunan secara permanen. Dengan bentuk billboar atau reklame yang besar dan tinggi membuat orang-orang bisa dengan mudah melihat dan mengenali secara langsung informasi yang disampaikan.

Secara etimologis kata reklame berasal dari kata “Reclomos”, Re yang berarti ulang, Clomos yang berarti panggilan atau teriakan, jadi pengertian reklame berarti panggilan yang berulang-ulang. Secara umum, reklame diartikan sebagai media propaganda yang berfungsi untuk memperkenalkan dan menawarkan barang dagangan atau jasa agar dikenal oleh masyarakat. Secara luas, reklame diartikan sebagai suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen dengan cara yang menarik sehingga konsumen ingin memiliki, menggunakan atau membelinya.

Pengertian Billboard (Reklame) Menurut Para Ahli

Barata (1988: 210)

Pengertian reklame menurut Barata adalah kegiatan yang bertujuan memberikan informasi atau memberikan suatu ide, barang atau jasa, dengan maksud untuk menarik perhatian orang-orang terhadap ide, barang atau jasa yang diinformasikan tersebut.

Panji (1990: 120)

Pengertian reklame menurut Panji adalah setiap kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa atau hal lainnya dengan maksud untuk menarik perhatian khalayak ramai.an atau dinikmati oleh umum.

Baca Juga : Pengertian Pamflet

W.H van Baarle dan F.E Holannder

Pengertian reklame menurut W.H van Baarle dan F.E Holannder adalah suatu kekuatan yang menarik yang ditujukan kepada kelompok tertentu untuk membelinya, hal ini dilaksanakan oleh produsen atau pedagang agar dengan demikian dapat dipengaruhi penjual barang-barang atau jasa dengan cara yang menguntungkan dirinya sendiri.

Berhouwer

Pengertian reklame menurut Berhouwer adalah setiap pernyataan yang secara sadar ditujukan kepada publik dalam bentuk apapun juga yang dilakukan oleh seorang peserta lalu lintas perdagangan, yang diarahkan kearah sasaran memperbesar penjualan barang-barang atau jasa yang dimasukkan, oleh pihak yang berkepentingan dalam perniagaan.

Ciri-Ciri Billboard

Karakteristik atau ciri billboard atau papan reklame diantaranya yaitu:

  • Umumnya memiliki ukuran tinggi dan besar 2 : 3, dengan warna kontras sehingga mudah dibaca dan dilihat
  • Ilustrasi dan huruf berukuran besar
  • Dipasang pada perempatan maupun pertigaan jalan besar yang banyak dilalui oleh orang
  • Umumnya digunakan sebagai media untuk melakukan promosi suatu merek dagang terkenal seperti rokok dan ponsel pintar.
  • Dapat juga berisi tentang iklan layanan masyarakat
  • Penggunaan bahasa singkat, jelas dan juga menarik.

Fungsi Billboard

Fungsi billboard, diantaranya yaitu:

  • Sebagai media promosi yang berada diluar ruangan
  • Sebagai pengingat, pengenal dan penguat suatu merek dagang
  • Sebagai pemberi informasi sekejap mata karena orang-orang membacanya hanya sekilas saat melewatinya saja
  • Memberi penekanan pada yang melihat untuk mengetahui produk yang diiklankan
  • Sebagai media informasi yang ditujukan pada konsumen atau masyarakat
  • Sebagai tempat menampilkan secara langsung atau tidak langsung produk atau objek yang akan dikenalkan
  • Sebagai media promosi yang sangat sering digunakan oleh perusahaan besar
  • Sebagai media untuk menaikkan penjualan atau target market

Kelebihan dan Kekurangan Billboard

Kelebihan billboard atau reklame diantaranya yaitu:

  • Memberikan informasi dengan singkat dan jelas
  • Alat komunikasi yang bisa menjangkau daerah tertentu atau lokal
  • Tepat pada target pemasaran yaitu masyarakat yang melewati iklan tersebut karena masyarakat bisa membaca secara langsung informasi yang diberikan

Baca Juga : Pengertian Iklan

Kekurangan billboard, diantaranya yaitu:

  • Pemasangan reklame atau billboard memerlukan lahan yang luas
  • Iklan bisa berubah atau rusak karena cuaca diluar ruangan
  • Karena di pasang di pinggir jalan maka risiko untuk hanya dilewati saja oleh para pengguna jalan. Sangat mungkin terjadi karena beberapa pengendara merupakan pengendara yang berkecepatan tinggi.

Contoh Billboard

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian billboard menurut para ahli, ciri, fungsi, kelebihan dan kekurangan billboard secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya

Content Protection by DMCA.com