Potensi Diri : Pengertian, Jenis, Cara Mengembangkan dan mengenali Potensi Diri

Posted on

Pengertian Potensi Diri – Apa yang dimaksud dengan potensi diri? Bagaimana cara mengembangkan potensi diri? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan memahaminya kita akan membahas tentang pengertian potensi diri menurut para ahli, jenis, cara mengembangkan dan mengenali potensi diri secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Aktualisasi Diri

Pengertian Potensi Diri

Secara umum, pengertian potensi diri adalah kemampuan atau kekuatan yang belum berwujud maupun telah terwujud yang dimiliki seseorang tapi belum sepenuhnya dilihat dan dipergunakan dengan maksimal oleh seseorang.

Definisi potensi diri adalah kemampuan dasar yang dimiliki seseorang yang masih terpendam dalam diri yang masih menunggu untuk diwujudkan menjadi suatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia.

Potensi diri bisa diartikan sebagai kemampuan dalam diri seseorang yang belum teraktualisasi, dipraktikkan dan belum digunakan. Potensi diri adalah tentang kemampuan tersembunyi dihadapkan dengan peluang yang apabila tidak dioptimalkan akan menjadi sia-sia dan tidak berguna.

Setiap individu dipercaya memiliki potensi dalam dirinya. Kerja keras dan keberuntungan menentukan bagaimana potensi tersebut menjadi bermanfaat. Sederhananya, pengertian potensi diri adalah kemampuan dan kapasitas individu masih tersimpan dalam diri atau dengan kata lain masih mengendap dan belum teraktualisasi melalui perilaku, perbuatan dan aksi.

Pengertian Potensi Diri Menurut Para Ahli

Endra K Pihadhi (2004:6)

Menurut Endra K Pihadhi, Potensi bisa disebut sebagai kekuatan, energi, atau kemampuan yang terpendam yang dimiliki dan belum dimanfaatkan secara optimal. Potensi diri yang dimaksud adalah suatu kekuatan yang masih terpendam yang berupa fisik, karakter, minat, bakat, kecerdasan dan nilai yang terkandung dalam diri tetapi belum dimanfaatkan dan diolah.

Sri Habsari (2005:2)

Pengertian potensi diri menurut Sri Habsari adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental dan mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dan ditunjang dengan sarana yang baik. Sedangkan diri adalah seperangkat proses atau ciri-ciri proses fisik, perilaku dan psikologis yang dimiliki.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian potensi diri menurut KBBI adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki seseorang tapi belum digunakan secara maksimal.

Jenis-Jenis Potensi Diri

Berikut ini beberapa jenis potensi diri atau kemampuan diri diantaranya yaitu:

Potensi Sosiologi

Potensi atau kemampuan sosiologis adalah kemampuan seseorang untuk peka terhadap permasalahan sosial disekitar. Kepekaan tersebut mendorong dirinya untuk berpikir kritis dan emansipatoris. Contoh wujud kepekaan yang dimiliki mereka yang memiliki potensi kemampuan berpikir sosiologis diantaranya simpati dan empati.

Potensi Berfikir

Manusia mempunyai potensi berfikir. Seringkali Allah swt menyuruh manusia untuk berfikir, maka berfikir. Logikanya orang hanya disuruh berfikir karena ia memiliki potensi berfikir. Maka, bisa dikatakan bahwa setiap manusia memiliki potensi untuk belajar informasi-informasi baru, menghubungkan berbagai informasi, serta menghasilkan pemikiran baru.

Baca Juga : Pengertian Percaya Diri

Potensi Emosi

Setiap manusia memilki potensi cita rasa yang dengannya manusia bisa memahami orang lain, memahami suara alam, ingin mencintai dan dicintai, memperhatikan dan diperhatikan, menghargai dan dihargai, cenderung kepada keindahan.

Potensi Fisik

Adakalanya manusia memilki potensi yang luar biasa untuk membuat gerakan fisik yang efektif dan efisien serta memiliki kekuatan fisik yang tangguh. Orang yang berbakat dalam bidang fisik mampu mempelajari olah raga dengan cepat dan selalu menunjukkan permainan yang baik.

Potensi Sosial

Pemilik potensi sosial yang besar memiliki kapasitas menyesuaikan diri dan mempengaruhi orang lain. Kemampuan menyesuaikan diri dan mempengaruhi orang lain didasari kemampuan belajarnya, baik dalam dataran pengetahuan maupun ketrampilan.

Kemampuan Naturalis

Pengertian kemampuan naturalis adalah kemampuan yang seseorang untuk merasa peka terhadap lingkungan sekitarnya. Orang dengan potensi ini akan merasa sakit jika alam tersakiti. Kemampuan ini bisa digambarkan dengan adanya kemampuan memahami kehidupan ekologi di bumi.

Kemampuan Musikal

Kemampuan musikal adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan harmoni melalui suara. Umumnya, suara diciptakan melalui permainan alat musik. Contoh kemampuan musikal diantaranya kemampuan untuk bermain alat musik dan kecerdasan menghayati alunan nada.

Kemampuan Spasial

Kemampuan spasial adalah kecerdasan yang berhubungan dengan pemahaman akan ruang spasial yang sering dikaitkan dengan pemetaan. Contoh kemampuan spasial seperti menghafal jalan dan gang sempit.

Kemampuan Visual

Kemampuan visual adalah kemampuan untuk menciptakan kreasi visual. Kreasi tersebut bisa berupa gambar, lukisan atau film. Tak hanya itu, mereka berpotensi bisa memahaminya suatu teka-teki yang nampak secara visual seperti menerjemahkan makna sebuah lukisan.

Kemampuan Logika

Kemampuan logika adalah kemampuan seseorang untuk berpikir logis dan matematis. Potensi tersebut berkaitan dengan kecerdasan dalam pikirannya untuk memahami sesuatu secara numerik, termasuk menghitung dan menghapal rumus-rumus matematis. Potensi kemampuan logika bisa diperoleh dari bakat atau belajar.

Kemampuan Linguistik

Kemampuan Linguistik adalah kemampuan individu dalam berbahasa. Kemampuan ini memiliki cakupan yang luas, tidak hanya memahami teks deskriptif, tapi juga berbicara, berceramah, dan diskusi. Kemampuan ini berkaitan erat dengan kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam mengembangkan skill aktualisasi diri secara verbal.

Baca Juga : Pengertian Integritas

Kemampuan Kinestetik

Kemampuan kinestetik adalah kemampuan seseorang dalam menggerakkan tubuhnya. Tak sekadar bergerak, tapi juga mengembangkan elastisitas atau kelenturan tubuh serta mencipakan harmoni melalui gerakan-gerakan fisik yang tepat dan mempesona, seperti penari profesional.

Kemampuan Interpersonal

Kemampuan interpersonal adalah kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan sosial. Potensi kecerdasan seseorang yang piawai melakukan hubungan interpersonal terlihat dari kemampuannya berkomunikasi, melobi, mewawancarai orang lain atau semacamnya. Kemampuan ini adalah tentang menciptakan dan menjaga hubungan antar manusia.

Kemampuan Intrapersonal

Kemampuan intrapersonal adalah kemampuan seseorang dalam memahami, mengatur, serta memanajemen diri sendiri. Orang yang berhasil mengembangkan potensi intrapersonalnya piawai dalam mengambil keputusan, merancang visi, dan menetapkan tujuan hidup. Kemampuan intrapersonal dapat dilatih melalui upaya pengendalian emosi diri.

Ciri-Ciri Orang Yang Memahami Potensi Dirinya

Menurut La Rose (Sugiharso dkk, 2009:126-127), ciri-ciri orang berpotensi diantaranya yaitu:

  • Suka belajar dan mau melihat kekurangan dirinya
  • Memilki sikap yang luwes
  • Berani melakukan perubahan secara total untuk perbaikan
  • Tidak mau menyalahkan orang lain maupun keadaan
  • Memilki sikap yang tulus bukan kelicikan
  • Memiliki rasa tanggung jawab
  • Menerima kritik saran dari luar
  • Berjiwa optimis dan tidak mudah putus asa.

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Sebelum melakukan pengembangan diri dalam rangka menggunakan dan mengoptimalisasi seluruh kemampuannya untuk mencapai kinerja yang unggul, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mengetahui, menilai atau mengukur dengan akurat kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya, berikut caranya:

Introspeksi Diri (Pengukuran Individual)

Individu meluangkan waktu untuk mengevaluasi apa yang telah dilakukannya, apa yang telah dicapai dan apa yang ia miliki sebagai suatu kelebihan yang bisa mendukung dan apa yang ia miliki sebagai suatu kekurangan yang menghambat tercapainya prestasi tinggi. Cara ini efektif jika individu bersikap jujur, terbuka pada dirinya sendiri, mau dengan sungguh-sungguh memperhatikan kata hati.

Feedback dari Orang Lain

Dalam cara ini, seseorang meminta masukan berupa informasi atau data penilaian mengenai dirinya dari orang lain. Masukan berupa umpan balik (feedback) ini meliputi segala sesuatu mengenai sikap dan perilaku seseorang yang tampak, dipersepsi oleh orang lain yang bertemu dan berinteraksi dengannya. Cara ini bertujuan untuk membantu seseorang menelaah dan memperbaiki dirinya.

Baca Juga : Pengertian Kontrol Diri (Self Control)

Tes Psikologi

Tes Psikologi yang mengukur potensi psikologis individu bisa memberi gambaran kekuatan dan kelemahan individu pada berbagai aspek psikologis seperti kecerdasan/kemampuan intelektual (kemampuan analisa, logika berpikir, berpikir kreatif, berpikir numerikal), potensi kerja (vitalitas, sumber energi kerja, motivasi, ketahanan terhadap stress kerja), kemampuan sosiabilitas (stabilitas emosi, kepekaan perasaan, kemampuan membina relasi sosial) dan potensi kepemimpinan tingkah laku.

Cara Mengenali Potensi Diri

Berikut cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mengenali dirinya, diantaranya yaitu:

  • Kenali aktivitas favorit kalian
  • Cari tahu kepandaian yang kalian miliki
  • Bertanya pada orang lain
  • Kenali potensi pominan yang ada pada diri kalian, misalnya memasak dan lain sebagainya.
  • Jangan takut berbeda dengan orang lain untuk mengembangkan potensi yang kalian miliki selama hal tersebut positif.
  • Menghargai diri sendiri bisa membantu kalian untuk menemukan siapa diri kalian dan jati diri kalian. Potensi diri baru bisa diketahui jika kalian menghargai dan mendengarkan apa yang sebenarnya kalian inginkan atau bisa menghargai diri sendiri.
  • Dengarkan orang lain, dengan mendengar kalian akan tahu bagaimana mengetahui apa potensi diri sendiri, juga kalian bisa melakukan evaluasi diri yang jarang dilakukan diri sendiri tanpa kesadaran tinggi.

Baca Juga : Pengertian Berpikir Kritis

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian potensi diri menurut para ahli, jenis, cara mengembangkan dan mengenali potensi diri secara lengkap. Semoga bermanfaat

Content Protection by DMCA.com