Usus Dua Belas Jari (Duodenum) : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Bagian-Bagian Usus Dua Belas Jari (Duodenum)

Posted on

Usus Dua Belas Jari (Duodenum) – Usus dua belas jari (duodendum) adalah bagian dari usus halus yang terletak setelah lambung dan menghubungkannya ke usus kosong (jejunum) dengan panjang antara 25-38 cm. Bagian usus dua belas jari merupakan bagian terpendek dari usus halus, dimulai dari bulbo duodenale dan berakhir di ligamentum Treitz.

Usus dua belas jari merupakan organ retroperitoneal, yang tidak terbungkus seluruhnya oleh selaput peritoneum. pH usus dua belas jari yang normal berkisar pada derajat sembilan.

Terdapat struktur histologis pada usus halus, struktur tersebut disebut dengan kelenjar brunner. Kelenjar brunner menghasilkan lendir bersifat basa untuk membantu penyerapan dan penetralan pH makanan.

Usus dua belas jari termasuk organ retroperitoneal karena tidak seluruhnya tertutupi oleh selaput peritoneum. Saluran pankreas dan empedu terhubung langsung dengan usus halus, getah pankreas berfungsi untuk memecah makanan, sedangkan empedu berfungsi untuk pemecahan dan pencernaan lemak. Hasil pencernaan lambung yang masuk ke usus dua belas jari disebut Chyme. Fungsi duodenum ini yaitu untuk mengolah, menetralkan, memecah dan mencerna chyme tersebut.

Ciri-Ciri Usus 12 Jari (Duodenum)

Usus 12 jari merupakan salah satu bagian yang paling pendek dari usus halus. Perjalanannya bisa di mulai dar bulbo duodenale lalu melaju terus hingga ligamentum treitz. Organ ini dinamakan juga dengan organ retroperitoneal, karena seluruh bagiannya tidak terbungkus secara merata dan menyeluruh oleh selaput peritoneum. Secara karakteristik, usus 12 jari ini memiliki tingkat keasaman cukup rendah. Jika di ukur menggunakan pH, maka akan menunjukan angka 9 yang menyatakan bahwa usus 12 jari ini basa. Maka semua makanan yang masuk ke dalam usus 12 jari ini akan berasa basa.

Fungsi Usus Dua Belas Jari (Duodenum)

Secara umum, fungsi duodenum atau usus 12 jari yaitu menyalurkan makanan ke usus halus. Secara histologis, terdapat kelenjar brunner yang menghasilkan lendir. Dinding usus dua belas jari tersusun atas lapisan-lapisan sel yang sangat tipis yang membentuk mukosa otot.

Adapun fungsi usus dua belas jari yang lain diantaranya yaitu:

  • Membantu pencernaan makanan
  • Membantu penyerapan makanan
  • Menghasilkan enzim yang berguna dalam proses penyerapan
  • Sebagai saluran ke usus halus
  • Untuk membentuk mukosa otot
  • Memiliki lendir yang bekerja spesifik membantu dalam pengolahan dan pelancaran makanan
  • Membantu dalam penyerapan protein
  • Membantu penyerapan karbohidrat dan zat gula
  • Membantu penyerapan asam amino
  • Membantu dalam penyerapan asam lemak
  • Sebagai sistem imun
  • Sebagai tempat bermuaranya saluran-saluran terpenting tubuh

Bagian-Bagian Usus Dua Belas Jari (Duodenum)

Usus dua belas jari dibagi menjadi empat bagian untuk mempermudah pemaparan.

Pars superior
Bagian pertama, yaitu pars superior di mulai dari akhir pilorus. Selanjutnya, saluran akan membelok ke lateral kanan. Bagian ini memiliki panjang sekitar 5 cm.

Pars ascendens
Bagian yang terakhir, pars ascendens berbentuk saluran menaik dan berakhir pada awal usus kosong (jejunum).

Demikian artikel tentang “Usus Dua Belas Jari (Duodenum) : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Bagian-Bagian Usus Dua Belas Jari (Duodenum)“, semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com