Mengenal Macam Macam Hormon Pada Pria dan Fungsinya Paling Lengkap

Posted on

Hormon Pada Pria dan Fungsinya – Setelah kita mengetahui macam-macam dan fungsi hormon pada wanita, saat ini kita akan membahas tentang macam-macam hormon pada pria. Hormon pada Pria dan Wanita sudah pasti berbeda terutama pada hormon yang berkaitan dengan sistem reproduksi dan seksualitas pria. Hormon memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia terutama untuk metabolisme tubuh. Pada psikologis, hormon berperan untuk mengkontrol suasana hati atau mood seseorang. Pada fisik, hormon memiliki peranan untuk membentuk fisik berbeda antara pria dan wanita. Sedangkan pada sistem reproduksi, hormon memiliki peran untuk mengontrol seluruh fungsi dari organ reproduksi pada pria maupun wanita.

Hormon memiliki ukuran penting namun berpengaruh besar terhadap kehidupan pria. Hormon tersebut bertugas untuk menjaga dan menentukan karakteristik fisik, perilaku, reproduksi, perkembangan dan fungsi fisik seseorang. Hormon memiliki ukuran kecil namun memiliki pengaruh yang besar pada kehidupan pria. Hormon adalah senayawa yang dihasilkan oleh tubuh yang berfungsi untuk mendukung fungsi organ tubuh sehingga akan terlihat hasilnya. Hormon dalam tubuh dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Proses pengeluaran hormon dari kelenjar disebut dengan inkresi. Berikut ini beberapa hormon penting pada pria dan fungsinya.

Hormon Pria dan Fungsinya

Testosteron
Testosteron adalah jenis hormon yang penting untuk membangun sosok pria. Hormon testosteron turut membentuk jaringan organ reproduksi pria, membangkitkan libido, dan produksi sperma. Selain itu, testosteron juga membangun dan mempertahankan karakteristik seksual sekunder pria seperti kepadatan tulang dan otot, menumbuhkan rambut dibeberapa bagian tubuh. Hormon testosteron juga mempengaruhi suara yang lebih berat dibandingkan wanita. Testoteron disekresi oleh sel-sel Leydig yang terdapat di antara tubulus seminiferus. Hormon ini penting bagi tahap pembelahan sel-sel germinal untuk membentuk sperma, terutama pembelahan meiosis untuk membentuk spermatosit sekunder.

LH atau Luteinizing Hormone
LH atau Luteinizing Hormone adalah jenis yang di sekresi oleh jenis kelenjar bernama hipofisis anterior. Hormon ini berfungsi untuk melakukan stimulan pada seluruh sel sel Leydig yang melakukan sekresi pada testosteron.

FSH atau Follicle Stimulating Hormone
FSH atau Follicle Stimulating Hormone jenis hormon yang mengalami sekresi oleh jenis sel yang ada pada kelenjar hipofisis anterior. Hormon ini berfungsi untuk melakukan stimulasi pada bagian sel-sel sertoli. Jika stimulasi ini tidak di lakukan maka spermatid tidak dapat berubah menjadi sperma atau spermiasi.

Estrogen
Hormon estrogen dibentuk dari sel sel sertoli saat sedang di stimulasi doleh FSH. Jenis sel sertolei melakukan sektresi pada suatu protein yang dikenal sebagai pengikat androgen yang berfungsi untuk mengikat testoteron dan estrogen. Tidak hanya itu saja, kedua hormon tersebut dibawah menuju cairan tubulus seminefus, lalu kedua hormon tersebut akan membantu pematangan sperma.

Pertumbuhan
Hromon selanjutnya adalah hormon pertumbuhan, kelebihan dari hormon pertumbuhan yaitu dapat meningkatkan proses tumbuh kembang pria. Hormon pertumbuhan juga mengatur seluruh fungsi metabolisme pada testis. Dengan fungsi tersebut, hormon ini akan meningkatkan proses pembelahan awal yang terjadi pada spermatogenesis.

Setiap masing-masing hormon memiliki peranan penting terhadap kesehatan tubuh. Agar kesehatan tetap terjaga disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan pola hidup sehat.

Itulah artikel lengkap yang membahas tentang Mengenal Macam Macam Hormon Pada Pria dan Fungsinya . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai sumber literature dalam pembelajaran.

Content Protection by DMCA.com