Saraf Spinal : Pengertian 31 Pasang Saraf Spinal dan Fungsinya Terlengkap

Posted on

Saraf Spinalis Pada Manusia – Saraf spinal atau saraf spinalis adalah sistem saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang yang merupakan bagian dari sistem saraf pusat manusia. Sumsum tulang belakang sendiri adalah lanjutan batang otak yang terbentang dari leher hingga pinggang, sumsum tulang belakang ini dilindungi oleh tulang belakang manusia.

Saraf spinal (sumsum tulang belakang) memiliki ukuran panjang sekitar 40-50 cm panjang dan lebar sekitar 1-1,5 cm. Dua baris berturut-turut akar saraf muncul pada setiap sisinya. Akar-akar saraf bergabung distal untuk membentuk 31 pasang saraf spinalis.

Sumsum tulang belakang atau saraf spinalis ini merupakan struktur silinder jaringan saraf terdiri dari materi putih dan abu-abu, seragam terorganisir dan dibagi menjadi empat wilayah yaitu serviks (C), dada (T), lumbal (L) dan sakral (S), setiap wilayah tersebut terdiri dari beberapa segmen. Saraf tulang belakang berisi saraf sensorik dan motorik dari dan ke seluruh bagian tubuh.

Walaupun sistem saraf spinal berada di luar otak dan hanya sekitar 2% dari sistem saraf pusat (SSP) , namun saraf spinal ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh manusia. Ada banyak organ yang dipersarafi oleh saraf-saraf spinal, jadi apabila saraf spinal ini tidak berfungsi, maka otomatis organ-organ tersebut juga tidak berfungsi.

Fungsi Saraf Spinal

Secara umum fungsi saraf spinalis (sumsum tulang belakang) diantaranya yaitu:

  • Bertanggung jawab atas persarafan anggota tubuh, anggota badan dan kepala.
  • Menghubungkan sistem saraf tepi ke otak. Terdapat perbedaan antara jalur asendens dan jalur desendens. Jalur asendens mengirimkan sinyal (impuls) dari organ tubuh ke otak, sedangkan jalur desendens mengirimkan impuls dari otak ke organ tubuh.
  • Menjadi jalur gerak refleks, sehingga saraf spinal disebut juga dengan saraf refleks.

Nama-Nama Saraf Spinal dan Persarafannya serta Fungsinya

Sistem saraf spinal terdiri dari 31 pasang yang dikelompokkan menjadi:

1. Nervus Hipoglossus, yaitu nervus yang mempersarafi daerah sekitar lidah.
2. Nervus Occipitalis Minor, yaitu nervus yang mempersarafi bagian otak belakang dalam trungkusnya
3. Nervus Thoracicus, yaitu nervus yang mempersarafi otot serratus anterior atau otot dada bagian depan.
4. Nervus Radialis, yaitu nervus yang mempersarafi bagian-bagian otot seperti otot lengan bawah bagian belakang, otot triceps brachii (otot lengan atas), otot anconeus (otot kecil pada permukaan belakang siku), otot brachioradialis (otot lengan bawah) dan otot ekstensor lengan bawah. Selain itu, saraf ini juga mempersarafi kulit bagian belakang lengan atas dan lengan bawah.
5. Nervus Thoracicus Longus, yaitu nervus yang mempersarafi otot subclavius (otot berbentuk segitiga yang terletak antara tulang selangka dan tulang rusuk pertama)
6. Nervus Thoracodorsalis, yaitu nervus yang mempersarafi bagian otot deltoid (bahu), otot trapezius (otot yang menyusun struktur punggung manusia), dan otot latissimus dorsi (otot besar yang berada di bagian punggung belakang lengan).
7. Nervus Axillaris, yaitu saraf yang bersandar pada collum chirurgicum humeri (suatu penyempitan pada tulang lengan humerus).
8. Nervus Subclavius, yaitu nervus yang berasal dari akar saraf C5 dan C6, mempersarafi otot subclavius (otot kecil berbentuk segitiga yang berada di antara tulang selangka dan tulang rusuk pertama).
9. Nervus Supcapulari, yaitu nervus yang berasal dari akar saraf C5, mempersarafi otot rhomboideus major dan minor (otot yang menyusun bagian lengan atas), serta otot levator scapulae (otot yang mengatur gerakan dari tulang belikat).
10. Nervus supracaplaris, yaitu nervus yang berasal dari trunkus superior (gabungan dari akar saraf bagian atas), mempersarafi otot supraspinatus dan infraspinatus (otot kecil di lengan atas).
11. Nervus Phrenicus, yaitu nervus yang mempersarafi organ diafragma.
12. Nervus Intercostalis
13. Nervus Intercostobrachialis, yaitu nervus yang mempersarafi kelenjar getah bening.
14. Nervus Cutaneus Brachii Medialis, yaitu nervus yang mempersarafi kulit sisi tengah (medial) lengan atas.
15. Nervus Cutaneus Antebrachii Medialis, yaitu nervus yang mempersarafi kulit sisi tengah (medial) lengan bawah.
16. Nervus Ulnaris, yaitu nervus yang mempersarafi satu setengah otot fleksor (otot yang berperan dalam gerakan lipat) lengan bawah dan otot-otot kecil tangan, dan kulit tangan di sebelah tengah (medial).
17. Nervus Medianus, yaitu nervus yang memberikan cabang C5, C6, C7 untuk nervus medianus.
18. Nervus Musculocutaneus, yaitu nervus yang berasal dari C5 dan C6, mempersarafi otot coracobrachialis (otot kecil yang melekat pada tulang belikat), otot brachialis (otot lengan atas), dan otot biceps brachii (otot lengan atas yang mempunyai 2 cabang). Selanjutnya cabang ini akan menjadi nervus cutaneus lateralis dari lengan atas.
19. Nervus Dorsalis Scapulae, yaitu nervus yang bersal dari ramus C5, mempersarafi otot rhomboideus (otot yang menyususn lengan atas).
20. Nervus Transverses Colli
21. Nervus Nuricularis, yaitu nervus yang berjalan berdekatan menuju foramen (lubang pada tulang), letak anatomisnya berada di sebelah atas lamina terminalis (daerah hipotalamus di otak)
22. Nervus Subcostalis, yaitu nervus yang mempersarafi sistem kerja ginjal dan letaknya.
23. Nervus Iliochypogastricus, yaitu nervus yang berpusat pada medulla spinalis (sumsum tulang belakang).
24. Nervus Iliongnalis, yaitu nervus yang mempersarafi sistem genital (alat reproduksi), atau kelamin manusia.
25. Nervus Genitofemularis, yaitu nervus yang berpusat pada medulla spinalis L1-2, berjalan ke caudal (ekor), menembus otot Psoas major (otot di bagian bokong manusia) setinggi vertebra lumbalis (tulang belakang bagian lumbal) 3 atau 4.
26. Nervus Cutaneus Femoris Lateralis, yaitu nervus yang mempersarafi tungkai atas, bagian luar (lateral) tungkai bawah, serta bagian luar (lateral) kaki.
27. Nervus Femoralis, yaitu nervus yang mempersarafi daerah paha dan otot paha.
28. Nervus Gluteus Superior, yaitu nervus yang bercabang dari tulang belakang L4, L5, dan paha, walaupun sering dijumpai percabangan dengan letak yang lebih tinggi.
29. Nervus Ischiadicus, yaitu nervus yang mempersarafi bagian pangkal paha.
30. Nervus Cutaneus Femoris Inferior, yaitu nervus yang mempersarafi pada bagian lengan bawah.
31. Nervus Pudendus, yaitu nervus yang letaknya berdekatan dengan ujung spina ischiadica (tonjolan pada tulang ischium di bokong). Nervus pudendus mempersarafi otot levator ani (otot yang terletak di sisi panggul), dan otot perineum (otot bagian bawah kemaluan) ke kiri atau kanan, sedangkan letak kepalanya dibuat sedikit lebih rendah.

Demikian artikel tentang “Saraf Spinal : Pengertian 31 Pasang Saraf Spinal dan Fungsinya Terlengkap“, semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com