Otak Kanan : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Otak Kanan Manusia Terlengkap

Posted on
Rate this post

Otak Kanan Manusia – Otak manusia terbagi menjadi dua bagian besar yaitu otak besar dan otak kecil. Otak besar (cerebrum) merupakan bagian terbesar dari otak, otak besar ini juga merupakan bagian yang membedakan otak manusia dengan otak hewan. Otak Besar (Cerebrum) merupakan masa embrionik, sistem saraf pusat membentuk kanal pusat yang dangkal yang disebut ventrikel dan membentuk bagian putih dan abu-abu.

Otak besar terbagi menjadi 2 (dua) yaitu otak kanan dan otak kiri. Dalam dunia kesehatan, otak kanan disebut juga disebut juga dengan Right helisphere. Sesuai namanya, secara anatomi bagian otak ini terletak pada belahan kanan dari otak besar yang berfungsi mengatur dan bertanggung jawab pada seluruh aktivitas serta kesehatan tubuh bagian kanan. Selain berfungsi mengatur berbagai aktifitas dan kesehatan tubuh bagian kanan, otak kanan juga mengatur berbagai aktivitas dan ekspresi yang berhubungan dengan emosi.

Struktur Otak Kanan (Right helisphere)

Otak kanan atau right helisphere terdiri atas jutaan jaringan dan juga jutaan saraf yang membentuk seperti setengah lingkaran yang agak pipih serta memiliki dua jenis sel yaitu sel glia dan neuron.

Fungsi glia yaitu untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron berfungsi untuk membawa informasi. Kedua sel ini saling berkomunikasi dan mengirimkan berbagai bahan kimia ke seluruh tubuh yang disebut dengan neurotransmiter. Pada bagian dalam strukturnya, terdapat bagian berwarna putih yang disebut dengan basal nuclei, fungsi basal nuclei yaitu untuk perencanaan dan pembelajaran yang bertugas untuk memberikan perintah kepada sel tubuh yang lain.

BACA JUGA :  Otak Kiri : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Otak Kiri Manusia Terlengkap

Fungsi Otak Kanan (Right helisphere)

Berikut ini fungsi otak kanan diantaranya yaitu:

  • Berfungsi dalam perkembangan kecerdasan emosi atau EQ (emotional quotient), seperti pengendalian emosi dan sosialisasi.
  • Kemampuan berinteraksi dengan manusia lain, intuitif, kemampuan merasakan dan memadukan.
  • Mengatur ekspresi tubuh seperti menyanyi, menari, dan melukis.
  • Melakukan beberapa fungsi matematika mengenai perbandingan dan estimasi.
  • Membantu membayangkan visual secara lengkap dan mengekspresikan apa yang dilihat.
  • Mengontrol otot-otot di bagian kiri tubuh.
  • Berperan dalam kemampuan berbahasa karena memiliki kemampuan memori jangka panjang.
  • Berhubungan dengan segala sesuatu yang membutuhkan kreatifitas dalam pelaksanaannya.
  • Bertanggung jawab atas kemampuan spasial; seperti pengenalan wajah dan pengolahan musik.

Cara Kerja Otak Kanan

Sel-sel yang ada pada fungsi otak kanan cenderung menggunakan kreatifitas untuk memecahkan suatu masalah. Sel-sel tersebut dapat berfikir sangat cepat, apabila 1 detik saja otak kanan berhenti bekerja maka akan terjadi kerusakan pada seluruh bagian tubuh.

Otak kanan bekerja dengan menggunakan kemampuan long term memory sehingga saat melihat suatu gambar atau yang lainnya akan terekam lama dalam ingatan. Misalnya saat melihat suatu lukisan, tentu saja kita tidak akan langsung melupakannya namun kita akan mampu membayangkan teksturnya, bentuknya, warnanya, gelap terangnya, serta perkiraan seberapa besar dan juga maknanya. Hal ini terjadi karena sistem kerja otak kanan yang mampu mengolah memori dalam jangka panjang.

Ribuan sel yang ada pada otak kanan sudah dibentuk sejak manusia dalam kandungan untuk mampu bekerja dengan mengandalkan kreatifitas dan ingatan, hal ini yang mendukung dan menjurus pada berbagai fungsi otak kanan yang sangat berpengaruh dalam kecerdasan emosi seseorang.

Demikian artikel tentang “Otak Kanan : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Cara Kerja Otak Kanan Manusia Terlengkap“, semoga bermanfaat.

BACA JUGA :  Sumsum Tulang Belakang : Pengertian, Letak, Fungsi, Struktur dan Bagian Struktur Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis) Manusia Lengkap

Content Protection by DMCA.com