Retensi Karyawan : Pengertian, Tujuan, Faktor dan Cara Mengelola Retensi Karyawan

Posted on

Pengertian Retensi Karyawan – Apa yang dimaksud dengan retensi karyawan? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian retensi karyawan menurut para ahli, tujuan, faktor yang mempengaruhi retensi karyawan dan cara mengelola retensi karyawan secara lengkap.

Baca Juga : Retensi Pelanggan

Pengertian Retensi Karyawan

Pengertian retensi karyawan (employee retention) adalah suatu keharusan yang perlu dilakukan oleh perusahaan guna mempertahankan sumber daya manusia (SDM) terbaik yang dimilikinya.

Retensi karyawan diartikan sebagai bentuk atau cara mempertahankan karyawan agar tetap bekerja dalam perusahaan tersebut.

Definisi retensi karyawan adalah upaya dalam mempertahankan karyawan dalam suatu perusahaan sebagai seorang tenaga ahli utama.

Pengertian Retensi Karyawan Menurut Para Ahli

Karthi (2012)

Pengertian retensi karyawan menurut karthi adalah suatu proses dimana karyawan didorong untuk tetap berada dalam suatu organisasi sampai proyeknya selesai atau dalam periode maksimum.

Ragupathi (2013)

Pengertian retensi karyawan menurut Ragupathi adalah salah satu teknik yang digunakan oleh pihak manajemen untuk membuat karyawan tetap berada dalam suatu organisasi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Susilo (2013)

Pengertian retensi karyawan menurut Susilo adalah upaya mempertahankan karyawan yang potensial untuk tetap loyal terhadap perusahaan.

Mathis & Jackson (2006)

Pengertian retensi karyawan menurut Mathis & Jackson adalah suatu upaya perusahaan untuk mempertahankan karyawannya agar tetap berda di dalam organisasi yang bertujuan untuk membantu mencapai target organisasi secara maksimal.

Baca Juga : Etika Bisnis

Tujuan Retensi Karyawan

Tujuan adanya retensi karyawan ditujukan agar karyawan bertahan lama untuk bekerja di perusahaan atau organisasi. Hal ini karena perusahaan sudah melakukan investasi uang juga waktu dalam proses perekrutan atau recruitment karyawan.

Faktor Yang Mempengaruhi Retensi Karyawan

Menurut Mathis & Jackson, faktor yang mempengaruhi retensi karyawan diantaranya yaitu:

Faktor Organisasional. Apabila perusahaan memiliki perilaku budaya yang baik bernilai positif dan juga pengelolaan organisasi perusahaan dilakukan dengan baik, maka hal tersebut akan sangat mempengaruhi retensi karyawan.

Peluang Karir Organisasional. Faktor yang mendasari hal ini adalah pelatihan secara berkesinambungan yang dilakukan perusahaan, bimbingan dan pengembangan karir hingga perencanaan karir karyawan dalam perusahaan tersebut.

Penghargaan dan Retensi Karyawan. Penghargaan yang kompetitif baik berupa gaji, tunjangan, penghargaan kinerja maupun bonus spesial dan lain sebagainya.

Rancangan Tugas dan Pekerjaan. Dalam perancangan tugas dan pekerjaan yang dibebankan pada karyawan, hal ini tentu harus memperhatikan beberapa unsur individu dari karyawan perusahaannya. Proses penyaringan dan seleksi karyawan, sehingga karyawan akan ditempatkan pada posisi atau bagian yang sesuai dengan kondisi mereka.

Hubungan Karyawan. Perlakuan yang diterima dari rekan kerja di kantor akan sangat mempengaruhi retensi karyawan di sebuah perusahaan.

Baca Juga : Komunikasi Pemasaran

Cara Mengelola Retensi Karyawan

Bagaimana cara mengelola retensi karyawan? Berikut selengkapnya:

  • Cari karyawan dengan cara yang efektif.
  • Ketika menawarkan kompensasi, tawarkan nilai yang kompetitif.
  • Tunjukan apresiasi perusahaan pada karyawan.
  • Jelaskan tentang bagaimana jenjang kariernya.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian retensi karyawan menurut para ahli, tujuan, faktor yang mempengaruhi retensi karyawan dan cara mengelola retensi karyawan secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com