Surat Pembaca : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Cara Menulis dan Contoh Surat Pembaca Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Cara Menulis dan Contoh Surat Pembaca Lengkap – Surat adalah salah satu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan dari seseorang untuk orang lain. Biasanya surat berisi pemberitahuan, perintah, pernyataan, permintaan, permohonan atau berisi laporan.

Ada banyak jenis surat, salah satunya adalah surat pembaca. Apa itu surat pembaca? Kali ini kita akan membahas secara rinci tentang surat pembaca.

Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, atau majalah yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih dan lain sebagainya.

Surat pembaca dapat diartikan sebagai surat terbuka yang isinya bisa dibaca oleh siapa saja serta bisa ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi. Seperti surat pada umumnya, struktur surat pembaca terdiri dari tiga bagian yakni pendahuluan, isi, dan penutup.

Ciri-Ciri Surat Pembaca

Berikut ini karakteristik atau ciri-ciri surat pembaca, diantaranya yaitu:

  • Surat berisi mengenai berbagai pesan mulai dari keluhan, pujian, himbauan, undangan, dan sebagainya kepada instansi atau orang tertentu. Selain itu, surat pembaca bisa juga berupa surat balasan yang dikirimkan untuk menjawab keluhan surat pembaca sebelumnya.
  • Bersifat umum artinya surat yang boleh dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yang disampaikan mempengaruhi hajat hidup orang banyak
  • Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca terdiri atas 1-4 paragraf. Isi yang disampaikan dalam surat pembaca langsung ke pokok pembicaraan.
  • Menggunakan bahasa yang baku, sopan dan komunikatif.

Baca Juga : Surat Resmi

Fungsi dan Manfaat Surat Pembaca

Berikut ini fungsi dan manfaat menulis surat pembaca diantaranya yaitu:

  • Sebagai media perantara antara pengirim surat dengan objek yang dituju.
  • Membantu pengirim surat pembaca mendapatkan jawaban atau tanggapan yang dikirimkan oleh pihak terkait.
  • Menjadi bahan informasi bagi banyak orang karena surat pembaca bersifat public atau umum.

Tujuan Surat Pembaca

Tujuan atau alasan menulis surat atau untuk apa surat pembaca diantaranya yaitu:

  • Sebagai alat untuk melakukan perubahan dan menyelesaikan masalah.
  • Mendapatkan hadiah.
  • Membuat perasaan puas dan lega.
  • Melatih menulis yang baik.
  • Mengembangkan kreativitas menulis.

Cara Menulis Surat Pembaca

Pembuatan surat pembaca ini memiliki pokok atau kerangka, berikut ini pokok surat pembaca diantaranya yaitu:

  • (apa) Apa yang terjadi.
  • (di mana) Dimana itu terjadi.
  • (kapan) Waktu kejadian.
  • (bagaimana) Kronologis, bagaimana itu terjadi.
  • (bagaimana) Saran dan kritik pada sebuah instansi.
  • (pelengkap informasi) Identitas dan alamat penulis surat pembaca.

Berikut ini format ataupun unsur penulisan surat pembaca, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Surat Pribadi

Judul

Bagian ini menunjukkan keluhan, pujian, terhadap objek yang dituju. Dengan begitu, penyunting dari surat kabar akan lebih mudah menunjukkan surat pada objek yang tepat.

Identitas Pengirim

Pada bagian ini seorang penulis surat pembaca mengungkapkan jati dirinya, mulai dari nama, usia, alamat, kontak. Namun tidak perlu khawatir karena sebagian besar identitas pengirim surat akan dirahasiakan oleh penyunting surat pembaca, seperti nama dan kontak akan dilindungi dengan tidak dituliskan dalam kolom surat pembaca.

Isi Surat

Ini merupakan bagian inti dari surat pembaca yang berisi maksud dari surat, bisa berupa keluhan, pujian atau himbauan dan pertanyaan dan lainnya. Pada bagian ini juga disertakan harapan pengirim surat akan permasalahan yang diungkapkannya.

Contoh Surat Pembaca

Surat pembaca biasanya digolongkan menjadi 5 motif, diantaranya:

  • Surat pembaca bermotif informasi
  • Surat pembaca bermotif keluhan
  • Surat pembaca bermotif kritik
  • Surat pembaca bermotif pujian
  • Surat pembaca bermotif saran

Surat pembaca tersebut bisa tentang lingkungan sekolah, masyarakat, umum atau yang lainnya.

Baca Juga : Surat Edaran

Berikut ini beberapa contoh surat pembaca:

Contoh Surat Pembaca Bermotif Saran

Contoh Surat Pembaca 1

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMA Negeri Gading

Tiga bulan lagi SMA Negeri Gading akan mengadakan ulang tahun yang ke 30. Menurut saya sekolah perlu mencoba merayakan ulang tahun dengan cara yang berbeda. Sebab, beberapa tahun ini kegiatan ulang tahun selalu diisi dengan acara pentas seni dan musik.

Saya memiliki saran agar sekolah mengadakan acara bakti sosial ke panti-panti asuhan sebagai bentuk perayaan ulang tahun. Mengingat jumlah murid di SMA Negeri Gading berjumlah 620 orang yang terbagi dalam 16 kelas, lebih baik jika acara berlangsung di beberapa panti asuhan sekaligus.

Setiap 3 kelas mengunjungi 1 panti asuhan. Sehingga murid-murid mempunya pengalaman langsung bertemu dengan anak-anak di panti asuhan, tidak hanya menyumbang saja. Di panti asuhan murid-murid menyelenggarakan acara makan bersama dan games sederhana untuk menghibur anak-anak yang ada. Tak lupa acara doa bersama untuk mendoakan kebaikan sekolah sekaligus berdoa agar murid-murid kelas 12 dilancarkan saat ujian nasional.

Demikian saran yang bisa saya utarakan terkait inovasi dalam acara ulang tahun sekolah. Terimakasih untuk waktunya. Semoga menjadi bahan pertimbangan di rapat rutin antara kepala sekolah dan OSIS selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Saya,

Carolina Chya

Contoh Surat Pembaca Bermotif Pujian

Contoh Surat Pembaca 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMK Negeri Gading

Selamat atas terpilihnya Bapak Indransyah sebagai kepala sekolah kami yang baru. Jujur, tiga bulan setelah kepemimpinan bapak ada perubahan yang dirasakan anak-anak kami.

Saya sangat senang ketika bapak menetapkan peraturan baru yaitu adanya kegiatan mengaji Al-Qur’an bersama tiap pagi selama 15 menit dan diharuskannya semua murid yang beragama Islam untuk melaksanakan Sholat Dhuha. Selain itu ada pula peraturan yang mewajibkan siswa minimal seminggu sekali untuk membaca di perpustakaan.

Tiga peraturan baru ini memberi dampak yang positif bagi anak-anak kami, sehingga mereka tidak hanya mengejar ilmu dunia namun juga ibadah untuk di akhirat kelak.

Semoga program ini dapat berlangsung terus, dan bapak bisa menetapkan kebijakan-kebijakan baru lainnya yang inovatif dan baik.

Sekian surat dari kami, sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Semoga bapak sehat selalu.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Dirgajaya

Baca Juga : Surat Dinas

Contoh Surat Pembaca Bermotif Kritikan

Contoh Surat Pembaca 3

Yth, Kepala Sekolah SMK Negeri Gading

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya selaku pemilik Katering Mantap Rasa mengaku kecewa terhadap penyelenggaran pentas seni SMK Negeri Gading yang berlangsung kemarin. Sebulan sebelum acara, saya menyetujui proposal sponsor yang diberikan oleh beberapa orang anggota OSIS SMK Negeri Gading.

Dalam proposal saya diberi penawaran untuk menyiapkan katering kue kering sebanyak 1000 buah dan berhak memasang banner bertuliskan nama katering saya di dekat panggung musik. Tapi kemarin, salah satu karyawan saya yang memeriksa tidak menemukan adanya banner yang dijanjikan.

Karyawan saya mencoba meminta penjelasan namun tidak menemui titik terang karena diberikan alasan yang berbelit-belit, mulai dari “nanti akan dipasang”, “tidak ada perintah pemasangan dari ketua panitia acara”, dll.

Saya mohon kejelasan langsung dari bapak kepala sekolah selaku penanggung jawab acara pensi. Saya siap bila diundang untuk bertemu bapak dan panitia penyelenggara.

Demikian kekecewaan yang bisa saya sampaikan, semoga segera mendapat tanggapan dan masalah ini bisa diselesaikan secara baik-baik.

Akhir kata, terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Saya,

Listiana

Contoh Surat Pembaca Bermotif Keluhan

Contoh Surat Pembaca 4

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri Gading

Beberapa hari ini terjadi hujan deras terus menerus di Gading. Selokan sekolah tidak kuat menampung dan mengalirkan air hujan karena volume air yang meningkat drastis. Hal ini menyebabkan banjir di sekolah, khususnya di wilayah kelas 7A sampai 7D.

Banjir yang terjadi menyebabkan para murid kesulitan saat menuju kelasnya masing-masing, begitu juga guru yang hendak mengajar di kelas 7A sampai 7D. Genangan juga terjadi di sekitar kantin, membuat aktivitas murid ketika istirahat terganggu. Genangan yang tak kunjung surut ini membuat lantai sekolah menjadi kotor karena air hujan becampur dengan tanah.

Menurut pengamatan kami, selain volume air yang meningkat drastis, banyaknya sampah di selokan juga merupakan faktor yang menyebabkan banjir. Menumpuknya sampah di selokan menggambarkan kesadaran para siswa dan siswi akan kebersihan masih rendah.

Kami berharap sekiranya bapak Kepala Sekolah berkenan untuk menghimbau semua siswa untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan selokan, mengingat keadaan sudah mendesak. Kami juga berharap agar peraturan sekolah terkait pembuangan sampah secara sembarangan lebih dipertegas lagi.

Hal ini bertujuan agar semua siswa dan siswi lebih berhati-hati dalam bertindak dan timbul kesadaran untuk menjaga lingkungan. Terutama setelah kami semua mengalami salah satu dampak negatif dari membuang sampah sembarangan, yaitu banjir.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,

Dina Anggraina

Baca Juga : Surat Masuk dan Surat Keluar

Contoh Surat Pembaca Bermotif Informasi

Contoh Surat Pembaca 5

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMP Negeri Wates

Kami selaku OSIS mendapat tawaran dari Toko Alat Tulis Baru yang baru dibuka seminggu lalu di dekat sekolah. Penawarannya adalah tiap siswa kelas IX SMP Negeri Wates bisa mendapatkan 2 buku catatan dan satu set alat tulis secara gratis hanya dengan menyertakan fotocopy kartu pelajar sebagai bukti bahwa murid benar kelas IX dari SMP Negeri Wates. Promo ini diadakan dalam rangka menyambut ujian nasional yang tinggal dua bulan lagi.

Jika bapak menyetujui penawaran ini, kami akan segera buat surat resminya. Setelah itu baru informasi ini bisa kami sebarkan ke murid-murid kelas IX. Kami mohon dengan hormat agar bapak memberi jawaban secepatnya, karena pihak Toko Alat Tulis Baru hanya memberikan waktu hingga tanggal 25 Agustus 2019 atau tiga hari dari surat ini dibuat untuk mendapatkan jawabannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua OSIS SMP Negeri Wates,

Abdi Negara

Demikian artikel pembahasan tentang surat pembaca dan contohnya secara lengkap, semoga bermanfaat,

Content Protection by DMCA.com