Perencanaan Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Macam Jenis dan Proses Perencanaan Pemasaran (Marketing Planning)

Posted on

Perencanaan Pemasaran (Marketing Planning) – Apa yang dimaksud dengan perencanaan pemasaran (marketing planning)? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian perencanaan pemasaran menurut para ahli, tujuan, manfaat, macam, jenis, tipe dan proses perencanaan pemasaran secara lengkap.

Baca Juga : Pemasaran Jasa

Pengertian Perencanaan Pemasaran

Pengertian perencanaan pemasaran (marketing planning) adalah bagian dari desain untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan perencanaan ini yaitu untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan, atau dalam konsep pemasaran saat ini, suatu hubungan yang saling menguntungkan.

Rencana pemasaran merangkum penilaian terhadap kebutuhan dan keinginan pasar, kekuatan dan kelemahan pada organisasi dan pada pesaing saat ini atau yang diperkirakan, dan desain yang dibuat untuk menciptakan nilai guna memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen dalam kondisi tetap untung.

Rencana pemasaran berisi tentang rencana tindakan (siapa yang melakukan apa dan kapan) dan visi, tujuan strategis, tujuan juga sasaran. Perencanaan pemasaran ini bisa diartikan sebagai penerapan sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.

Perencanaan pemasaran hanya sekedar urutan logis tindakan yang membawa pada penetapan tujuan pemasaran dan pemformulasian rencana untuk mencapainya. Perusahaan biasanya melakukan suatu proses manajemen dalam mengembangkan rencana pemasaran. Pada perusahaan kecil dan tidak terdiversifikasi, prosesnya sering disistemisasi. Proses ini konsepnya sederhana dan melibatkan tujuan apa yang akan dijual dan kepada siapa, memutuskan bagaimana tujuan bisa dicapai, dan penjadwalan serta penghitungan biaya tindakan yang diperlukan untuk menerapkannya.

Suatu perusahaan kesulitan mengembangkan rencana pemasaran disebabkan karena manajemen perusahaan tersebut tidak memiliki arahan bagaimana proses tersebut harus dikelola mulai dari tinjauan ulang, kemudian tujuan, strategi, program, anggaran, dan kembali lagi hingga suatu kompromi dapat dicapai di antara apa yang diinginkan dan apa yang diperkirakan, dengan memperhatikan hambatan-hambatan yang dimiliki masing-masing perusahaan. Selain itu, karena sistem perencanaan tersebut tidak lebih dari suatu pendekatan yang terstruktur terhadap proses yang baru dijelaskan.

Baca Juga : Riset Pemasaran

Pengertian Perencanaan Pemasaran Menurut Para Ahli

Kurowski dan Sussman

Pengertian rencana pemasaran menurut Kurowski dan Sussman adalah dokumen yang terdiri dari analisis situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, strategi pemasaran, program tindakan, dan pendapatan yang diproyeksikan atau proforma (dan keuntungan lainnya).

Rencana ini mungkin merupakan pernyataan terakhir tentang arahan strategis sebuah bisnis, namun kemungkinan besar hanya berlaku untuk merek atau produk tertentu. Selanjutnya, rencana pemasaran adalah perangkat implementasi yang terintegrasi dalam keseluruhan rencana bisnis strategis.

Malcom McDonald

Pengertian marketing plan menurut Malcom McDonald adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan urutan logis dan rangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran dan membuat rumusan rencana untuk mencapai tujuan.

Tujuan Perencanaan Pemasaran

Tujuan dilakukan perencanaan pemasaran diantaranya yaitu:

  • Mengetahui dan memperbanyak informasi perubahan pasar dan kompetitor.
  • Menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan organisasi lain.
  • Sebagai bentuk penyesuaian bisnis.
  • Meningkatkan keuntungan dengan usaha yang efisien dan efektif.

Manfaat Perencanaan Pemasaran

Adapun manfaat perencanaan pemasaran diantaranya yaitu:

  • Untuk mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik.
  • Dapat mengidentifikasi sejauh mana perkembangan perusahaan.
  • Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah.
  • Dapat menjadi alat untuk menghindari konflik tentang bagaimana perusahaan harus bergerak.
  • Dapat menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui.
  • Menjadi acuan agar manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis.

Rencana pemasaran juga memberikan keuntungan lain bagi bisnis, diantaranya yaitu:

  • Memberikan kejelasan siapa target market. Dengan perencanaan pemasaran maka akan lebih mudah menemukan klien dan pelanggan jika sudah mengetahui siapa mereka.
  • Membantu membuat pesan pemasaran yang akan memberikan hasil.
  • Menyediakan fokus dan arah. Ada banyak pilihan pemasaran, maka perlu sebuah rencana untuk menentukan tindakan terbaik untuk bisnis yang dijalani.

Baca Juga : Strategi Pemasaran

Macam-Macam Perencanaan Pemasaran

Berikut macam macam perencanaan pemasaran diantaranya yaitu:

Perencanaan Pasar yang Strategis

Perencanaan pasar yang strategis berkaitan dengan perencanaan arah usaha perusahaan itu akan dikembangkan. Dalam membuat perencanaan pasar yang strategis perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Langganan yang akan dicapai dan di layani.
  • Para pesaing yang harus dihadapi.
  • Ciri-ciri pasar yang ada.
  • Ciri-ciri perusahaan.
  • Trend lingkungan (sosial, ekonomi, politik, teknologi dan lain sebagainya)

Perencanaan Strategis Perusahaan

Perencanaan strategis perusahaan adalah perencanaan jangka panjang yang bersifat menyeluruh. Dalam melakukan perencanaan strategis pemasaran perlu mempertimbangkan hal-hal berikut, diantaranya seperti:

  • Analisis sumber daya, lingkungan dan strategi acuan produk.
  • Analisis situasi.
  • Penetapan strategi perusahaan.
  • Perencanaan pemasaran yang strategis.
  • Perencanaan pemasaran produk baru.
  • Perencanaan pemasaran operasional.

Jenis-Jenis Perencanaan Pemasaran

Berikut jenis jenis perencanaan pemasaran diantaranya yaitu:

  • Perencanaan perusahaan.
  • Perencanaan devisi.
  • Perencanaan jajaran produk.
  • Perencanaan merk produk.

Tipe-Tipe Perencanaan Pemasaran

Berikut tipe tipe perencanaan pemasaran diantaranya yaitu:

Perencanaan Pemasaran Keseluruhan

Perencanaan pemasaran keseluruhan yaitu perencanaan yang mencakup ketentuan umum perusahaan yakni perencanaan jangka panjang dan pengembangan strategi pemasaran untuk mencapai suatu tujuan, yang memuat tentang kegiatan keseluruhan faktor intern dan faktor ekstern.

Baca Juga : Manajemen Pemasaran

Perencanaan Pemasaran Jangka Panjang

Perencanaan pemasaran jangka panjang yaitu perencanaan pemasaran dalam periode 3,5,10 sampai 25 tahun lamanya. Masalah yang dihadapi perusahaan dalam perencanaan jangka panjang ini sangat luas sekali, seperti perluasan pabrik, masalah pasar, promosi, pemasaran, harga, produksi, masalah distribusi dan lain sebagainya.

Perencanaan Pemasaran Tahunan

Perencanaan pemasaran tahunan yaitu pedoman utama perusahaan dengan cakupan kegiatan pemasaran untuk produk tertentu dalam satu tahun. Perencanaan pemasaran tahunan waktunya relatif sangat pendek yaitu satu tahun. Masalah perencanaan tahunan diantaranya kampanye periklanan, daerah operasi, pemasaran, pembelian barang dan lain sebagainya.

Proses Perencanaan Pemasaran

Dalam rangka maksimalisasi pemasaran produk, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam proses perencanaan pemasaran, diantaranya yaitu:

Analisa Hasil Prestasi Kegiatan Pemasaran.
Perusahaan harus bisa memberikan suatu kesimpulan mengenai sebab naik atau turunnya hasil penjualan barang produksi.

Analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman perusahaan.
Perusahaan harus melakukan pengkajian atas keadaan lingkungan pemasaran, terutama perkembangan sosial, ekonomi, budaya, teknologi dan juga kebijakan pemerintah.

Penyusunan Program Pemasaran.
Dalam hal ini yang perlu disusun yaitu rincian yang berkaitan dengan waktu, tempat, oleh siapa program tersebut akan dilaksanakan. Dari program pemasaran ini, akan diketahui tahapan kegiatan pemasaran yang akan dilakukan untuk setiap produk pada wilayah pemasarannya.

Penentuan Tujuan Pemasaran.
Pada dasarnya setiap perusahaan selalu menetapkan tujuan yang ingin dicapai, tujuan yang sudah ditetapkan tersebut akan mempengaruhi penetapan strategi pemasaran yang akan dijalankan.

Penerapan Strategi Pemasaran.
Strategi pemasaran ditetapkan berdasarkan sasaran pasar (target market) dan tujuan perusahaan. Strategi pemasaran yang sudah ditetapkan perusahaan mencakup strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi distribusi.

Penetapan Target Pemasaran.
Untuk memudahkan perusahaan mendistribusikan produknya, perusahaan perlu menetapkan strategi target pemasaran. Target strategi pemasaran yang sudah ditetapkan perusahaan dapat dinyatakan dalam volume penjualan maupun share pasar dan laba.

Baca Juga : Retensi Pelanggan

Penyusunan Rencana Pemasaran.
Rencana pemasaran yang disusun perusahaan akan menggambarkan adanya kegiatan di bidang pemasaran.

Penyusunan Anggaran Pemasaran.
Anggaran pemasaran yang disusun perusahaan harus di dasarkan pada program pemasaran. Dalam penyusunan anggaran pemasaran, selain harus memperhatikan produknya, juga harus memperhatikan waktu dan tempat pelaksanaannya karena anggaran akan kebutuhan selalu berbeda pada setiap waktu dan tempat pelaksanaan yang berbeda pula.

Cara Menyusun Rencana Pemasaran

Berikut langkah-langkah menyusun rencana pemasaran:

Melakukan Analisis Situasi

Salah satu komponen utama dalam memulai penyusunan marketing plan yaitu dengan analisis SWOT. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan bisa membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Setelah melakukan analisis SWOT, selanjutnya menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya mengidentifikasi siapa saja yang memerlukan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan.

Sehingga saat sudah mengetahui kemana pemasaran dilakukan bisa dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut. Strategi pemasaran penting dilakukan untuk meminimalkan anggaran dan effort yang diperlukan untuk promosi tapi dengan keuntungan yang maksimal.

Menyusun Strategi dan Program

Strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Strategi tersebut merupakan tindakan jangka panjang dan dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi, dan untuk mendukung strategi tersebut maka dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan.

Baca Juga : Manajemen Strategi

Demikian pembahasan tentang pengertian perencanaan pemasaran menurut para ahli, tujuan, manfaat, macam, jenis, tipe dan proses perencanaan pemasaran secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa

Content Protection by DMCA.com