Tindakan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Pelaku, Jenis dan Contoh Tindakan Ekonomi

Posted on

Pengertian Tindakan Ekonomi – Apa yang dimaksud dengan tindakan ekonomi? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian tindakan ekonomi menurut para ahli, jenis, tujuan, pelaku pengelompokkan dan contoh tindakan ekonomi secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi

Pengertian Tindakan Ekonomi

Pengertian tindakan ekonomi adalah suatu tindakan manusia yang didorong oleh usaha untuk memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kesejahteraan.

Definisi tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan.

Bisa dikatakan sebagai tindakan ekonomi jika tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan antara hasil dan pengorbanan serta dapat untuk memilih pilihan yang tepat yang harus didahulukan sesuai dengan kemampuan.

Pengertian Tindakan Ekonomi Menurut Para Ahli

James C Scott

Pengertian tinfakan ekonomi menurut James C Scott adalah refleksi langsung dari tindakan ekonomi, selama tidak keluar dari etika subsistensi.

Evers

Pengertian tindakan ekonomi menurut Evers adalah sintesis dari tindakan ekonomi yang ada, dan kepentingan ekonomi yang dimiliki yaitu akumulasi modal dalam bentuk barang dan uang.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Ekonomi

Tujuan Tindakan Ekonomi

Tujuan melakukan tindakan ekonomi, diantaranya yaitu:

  • Agar bisa memilih atau menentukan benda atau jasa yang bisa di gunakan dalam memenuhi kebutuhan.
  • Untuk membedakan kualitas barang atau jasa yang akan kita beli atau kita digunakan.
  • Agar dapat memlih kebutuhan mana yang akan di prioritaskan dan mana yang tidak penting.
  • Agar dapat mempertimbangkan untung dan rugi terhadap pilihan yang sudah dibuat.

Pelaku Tindakan Ekonomi

Pelaku tindakan ekonomi dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  • Tindakan dalam ekonomi perorangan yakni tindakan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan sebagai makhluk ekonomi tanpa lupa bahwa ia mahluk sosial.
  • Tindakan dalam ekonomi lembaga Mmsyarakat yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan oleh berbagai bentuk organisasi kemasyarakatan baik itu perkumpulan, perusahaan, yayasan ataupun yang lainnya.
  • Tindakan dalam ekonomi pemerintah yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan oleh lembaga pemerintah atau lembaga negara guna memenuhi kebutuhan negara dan juga rakyat.
  • Tindakan dalam ekonomi antarnegara yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan antar 2 negara atau lebih dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan warga negara dan bangsa yang bersangkutan.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi Mikro

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

Tindakan Ekonomi Rasional

Pengertian tindakan ekonomi rasional adalah suatu tindakan ekonomi yang dilakukan manusia dengan dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan menguntungkan. Kata rasional berarti pikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan rasional dibutuhkan manusia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam usaha.

Ciri-ciri tindakan ekonomi rasional, diantaranya yaitu:

  • Untuk mendapatkan kepuasan maksimal dengan pengorbanan yang minimal. Hal tersebut dalam ilmu ekonomi disebut dengan prinsip ekonomi.
  • Tindakan ekonomi harus didorong dengan kepentingan. Dorongan tersebut dalam ilmu ekonomi disebut dengan motif ekonomi.

Contoh tindakan ekonomi rasional, diantaranya yaitu:

Tia harus membeli seragam sekolah dan juga baju baru, tapi uang yang ia miliki hanya cukup untuk membeli satu pakaian saja. Dengan penuh pertimbangan akhirnya Ia memutuskan untuk membeli seragam sekolah karena seragam lebih penting untuk ia sekolah, dan untuk baju baru bisa kapan saja dan untuk sementara memakai baju yang lama.

Tindakan Ekonomi Irasional

Pengertian tindakan ekonomi irasional adalah suatu tindakan ekonomi yang dilakukan manusia berdasarkan perkiraan akan lebih menguntungkan tapi dalam kenyataannya malah merugikan. Biasanya, seseorang yang melakukan tindakan irasional tidak mempertimbangkan berbagai fakor mulai dari biaya, waktu dan juga waktu yang telah dikeluarkan.

Contoh tindakan ekonomi irasional diantaranya Nida membeli gula dipasar yang jaraknya lebih jauh, Ia beralasan bahwa harga gula dipasar lebih murah dibanding dengan di warung dekat rumahnya, padahal jika dicermati dengan biaya transportasi yang dikeluarkan maka harga gula tersebut sama saja atau bahkan lebih mahal.

Pengelompokan Kegiatan dalam Tindakan Ekonomi

Ada 3 pengelompokkan kegiatan dalam tindakan ekonomi diantaranya yaitu:

Baca Juga : Pengertian Pembangunan Ekonomi

Tindakan Ekonomi dalam Produksi

Produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lembaga atau orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Kegiatan produksi dibagi menjadi 3 diantaranya:

  • Produksi sektor Primer (contohnya : pertambangan, pertanian), sekunder (contohnya: pabrik sepatu), tersier (contohnya: guru).
  • Produksi sektor publik (contoh: PT. PLN), sektor swasta (contoh: Telkom).
    Produksi sektor konsumsi (contoh: dokter), sektor investasi (contoh: pabrik kendaraan).

Tindakan Ekonomi dalam Distribusi

Distribusi adalah proses penyebarluasan hasil produksi ke tangan konsuumen. Orang atau lembaga yang mendistribusikan produk barang atau jasa disebut distributor.

Tindakan Ekonomi dalam Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai, serta menikmati barang/jasa. Orang atau lembaga yang melakukan konsumsi disebut konsumen. Tindakan yang dilakukan oleh konsumen, diantaranya:

  • Membeli barang/jasa sesuai kemampuan dan kebutuhan.
  • Menyusun prioritas utama.
  • Menghemat pendapatan.

Contoh Tindakan Ekonomi

Berikut ini beberapa contoh tindakan ekonomi, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan pangan daripada untuk berekreasi.
  • Membeli barang yang lebih mahal tapi lebih awet atau tahan lama daripada yang murah namun cepat rusak.
  • Menggunakan kereta eksekutif dengan alasan lebih nyaman meskipun harga tiketnya lebih mahal.
  • Membeli barang limited edision dengan harga mahal untuk memenuhi kepuasan diri.
  • Adel membeli alat tulis di toko yang dekat sekolahnya padahal di dekat rumahnya ada toko yang lebih murah.
  • Dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian tindakan ekonomi menurut para ahli, jenis, tujuan, pelaku pengelompokkan dan contoh tindakan ekonomi secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.

Content Protection by DMCA.com